Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Alat Peraga Pada Materi Pola Barisan Bilangan

Fresty Restu Pertiwi

SMP IT Mentari Ilmu Karawang

Abstrak: Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi pola barisan bilangan yang menggunakan alat peraga matematika yaitu menara Hanoi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX Sauda SMPIT Mentari Ilmu Karawang Tahun Ajaran 2018-2019 sejumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan angket. Analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah dengan penggunaaan alat peraga matematika yaitu menara Hanoi dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas IX Sauda SMPIT Mentari Ilmu pada materi pola barisan bilangan tahun pelajaran 2018-2019. Sesuai indicator motivasi belajar ditunjukan bahwa secara klasikal . persentase motivasi belajar siswa sudah meningkat, pada pra siklus 45%, siklus I sebesar 66% dan pada siklus II sebesar 87%.

Kata kunci : motivasi belajar siswa, alat peraga

Download Full Text : Klik Disini