Pembuatan Keribik Tamu (Keripik Biji Ketapang Mentari Ilmu) Untuk Menaikan Nilai Guna Biji Ketapang (Termanalia Cattapa)

Disusun Oleh :

Daud Maulana Yusup

MI- 198201.200906.1.007

              Saat ini di Indonesia pohon Ketapang salah satu jenis pohon yang cukup mudah ditemukan. Mulai di tanaman kota, perkarangan rumah, hingga tumbuh secara liar di hutan kota dan luang terbuka hijau. Apalagi di pesisir pantai, sering sekali kita jumpai pohon ketapang dipesisir nya. Ketapang termasuk tanaman pohon yang mampu tumbuh hingga mecapai ketinggian 40 meter dan diameter batang mencapai 1,5 meter. Tajuk pohon ketapang sangat rindang, dengan cabang tumbuh secara horizontal dan bertingkat. Karna itu pohon ketapang dimanfaatkan sebagai penyejuk saja oleh masyarakat.

Ketika hal sepele seperti itu diabaikan, maka kita mempunyai ide untuk membuat suatu jajanan yang sehat bagi tubuh juga menyenakan.

              Bagaimana dengan biji ketapang dimanfaatkan menjadi keripik dengan berbagai macam rasa? Tentu terbayang rasa yang asing bagi lidah kita. Tapi sekali lagi, berkat Kreatifitas itu hal tersebut menjadi kenyataan. Melalui pemikiran matang, terciptalah sebuah keripik dari biji ketapang. Biji ketapang sendiri memainkan peran sebesar 90% dari keripik ini. Di era modern ini, banyak anak milenial yang tidak pernah mencicipi rasa biji ketapang, bahkan ada yang tidak tahu pohon ketapang memiliki biji yang bisa di makan. Padahal rasa dari biji buah ketapang itu sangat gurih,asin,dan manis akan enak jika di jadikan kripik. Apalagi biji ketapang ini memiliki manfaat bagi masyarakat diantaranya,menurunkan resiko terjadinya serangan jantung dan membantu menurunkan kadar kolestrol dalam darah dengan cara menghambat sintesis kolestrol.Kreatifitas ini buat untuk kesehatan tubuh masyarakat.

              Dari masalah di atas kelompok kami ingin membuat sebuah makanan yang saat ini digemari oleh banyak kalangan, dengan ini kami memilih untuk membuat oleh-oleh dengan bahan utama biji ketapang untuk menaikan nilai guna biji ketapang, maka judul yang kami ambil adalah “Pembuatan KERIBIK TAMU (Kerpik Biji Ketapang Mentari Ilmu) untuk Meningkatkan Nilai Guna Biji Ketapang (Terminalia cattapa)

Download Full Text : Klik Disini