Penggunaan Model Discovery Learning Dalam Menentukan Gradien Pada Materi Persamaan Garis Lurus

Pembelajaran matematika merupakan suatu proses belajar atau proses interaksi antara pendidik dan peserta didik yang melibatkan pengembangan pola berpikir siswa dalam memahami konsep-konsep atau prinsip-prinsip matematika dan memecahkan masalah yang ada sehingga peserta didik diharapkan mampu untuk mengaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu cabang ilmu matematika adalah aljabar. Pembelajaran aljabar dimana peserta didik harus menentukan nilai suatu variabel. Apabila peserta didik mampu menguasai konsep operasi bilangan bulat maka mereka akan lebih mudah di pembelajaran Aljabar. Apabila peserta didik tidak menguasai operasi bilangan bulat maka akan kesulitan dalam pembelajaran lebih lanjut, selain itu pun guru harus mampu memilah model pembelajaran yang tepat sesuai dengan karakteristik peserta didik agar materi yang di ajarkan lebih mudah dipahami oleh peserta didik.

Persamaan Garis Lurus merupakan salah satu sub materi dari Aljabar. Pembelajaran sebelumnya peserta didik mengalami kesulitan dalam menentukan gradien dan persamaan garisnya, apalagi ketika peserta didik menyelesaikan soal-soal dengan tingkat HOTS (Higher Other Thinking Skills).

Untuk menghadapi abad 21, peserta didik harus dibekali keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills).  Salah satu model pembelajaran yang berorientasi pada HOTS dan disarankan dalam implementasi Kurikulum 2013 adalah model pembelajaran penemuan (discovery learning). Model Pembelajaran Discovery Learning (DL) atau Penemuan diartikan pula sebagai cara belajar memahami konsep, arti, dan hubungan, melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada suatu kesimpulan. Discovery terjadi  bila  individu terlibat,terutama dalam penggunaan proses  mentalnya  untuk menemukan  beberapa  konsep  dan  prinsip. Penggunaan model Discovery learning  ini telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Bahkan, penulis berkeyakinan pembelajaran yang dilakukan merupakan pembelajaran terbaik dari segi proses dan hasil belajar. Oleh karena itu penulis melaporkan perbaikan pembelajaran tersebut sebagai kegiatan best practice berjudul “Penggunaan Model Discovery Learning Dalam Menentukan Gradien Pada Materi Persamaan Garis Lurus.”

Download Full Text : Klik Disini