Guest Student, Mengubah Mindset Remaja tentang Boarding School : Menakutkan menjadi Mengasyikkan

Dewasa ini, semakin banyak sekolah-sekolah berasrama atau boarding school yang hadir memberikan fasilitas pendidikan sekaligus menyediakan tempat bagi remaja untuk mengembangkan minat dan bakat, serta menanamkan kebiasaan baik dengan program-program yang dirancang sedemikian rupa.

Sekolah berasrama atau boarding school menjadi salah satu pilihan orang tua yang ingin anaknya mendapatkan pendidikan yang baik sekaligus memiliki kebiasaan baik dalam kesehariannya. Namun, berita-berita yang tersebar di media sosial belakangan ini menunjukkan terjadinya hal-hal yang bertentangan dengan image boarding school yang seharusnya. Beberapa kasus seperti pem-bully-an yang berakibat hilangnya nyawa, senioritas, pelecehan seksual, kegiatan fisik yang padat dan menguras tenaga dan lainnya membuat orang tua dan anak menjadi ragu dengan sekolah berasrama atau boarding school.

Program Guest Student  SMAIT Tahfidz Mentari Ilmu Boarding School hadir untuk memperkenalkan sekolah berasrama atau boarding school kepada remaja khususnya siswa SMP. Guest Student adalah salah satu program SMAIT Tahfidz Mentari Ilmu Boarding School yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk merasakan tinggal seharian di asrama. Selain itu, siswa juga disuguhi kegiatan motivasi Al-Qur’an sehingga siswa semakin tertarik untuk belajar Al-Qur’an. Selain kegiatan motivasi, kami juga mengadakan seminar metode mudah menghafal Al-Qur’an, games, sharing session, dormitory tour, jalan-jalan sore dan lainnya. Penghargaan dan doorpice juga kami sediakan bagi siswa yang aktif dan mendapatkan capaian hafalan terbanyak selama acara berlangsung.

Tahun ini Guest Student SMAIT Tahfidz Mentari Ilmu Boarding School mengusung tema “Mabit dan Dauroh Al-Qur’an”.Tema ini diusung berdasarkan keprihatinan kami terhadap kemampuan siswa-siswa dalam membaca Al-Qur’an serta adanya mindset bahwa menghafal Al-Qur’an adalah hal yang sulit. Guest Student tahun ini diselenggarakan bertepatan dengan Bulan Ramadhan pada tanggal 18-23 April 2022 di Asrama Akhwat SMA IT Tahfidz Mentari Ilmu Boarding School. Tidak kurang 50 siswa berpartisipasi dalam acara yang diadakan selama 6 hari ini secara bergantian setiap harinya. “Aku kira bakalan bosen kegiatannya, awalnya nilainya 7/10, akhirnya 1000/10 nilainya” tulis salah satu siswa (peserta Guest Student) dalam buku kesan pesan yang sengaja kami sediakan. Siswa lain menuliskan hal yang senada “Asyik banget disini, apalagi sister-sisternya, ramah-ramah, dan enak diajak ngobrol” tulis siswa yang lain. Bahkan, ada siswa yang ingin lebih lama tinggal di asrama. Setelah dikalkulasi, hampir 100 persen siswa memberikan kesan positif terhadap acara Guest Student ini