Magang sejak dini, bolehkah?

Magang disini banyak dipandang orang tua sebagai bentuk pelatihan kerja yang dilakukan pada masa dewasa di SMK maupun di Kampus. Tetapi magang di usia dini tepatnya di kelas 6 SD punya kelebihan tersendiri, apalagi di zaman serba canggih sekarang peserta didik dituntut mampu memenuhi kecakapan di abad 21 ini, seperti mampu berkolaborasi, berkomunikasi secara langsung dengan masyarakat serta mampu memecahkan masalahnya. Dengan hal ini, SDIT Mentari Ilmu Jatisari hadir dan menjawab tantangan tersebut dengan program magangnya sebagai salah satu dari beberapa program kelulusan yang dimiliki. Magang merupakan suatu program belajar sekaligus berlatih peserta didik bekerja dengan cara langsung pada sebuah tempat atau lembaga selama beberapa waktu.

Magang yang SDIT Mentari Ilmu Jatisari lakukan dikhususkan pada tingkat akhir yakni di kelas 6, karena dikelas akhir tersebut merupakan masa peralihan ketingkat lanjutan yang diharapakan akan jauh memiliki pengalaman lebih dan jiwa interprenership.

Teknis magangnya, kami bekerjasama dengan orangtua murid yang berwiraswasta dalam hal ini memiliki tempat usaha serta lembaga pendidikan. Kemudian peserta didik kami bagi menjadi 3 sampai 4 kelompok per kelasnya sesuai tempat usaha orangtuanya. Magang untuk tahun ini, dilaksanakan pada tanggal 18, 19 dan 20 Agustus 2022 dengan jam kerja dari 07.30 sampai jam 12.00. Selama 3 hari tersebut, peserta didik dituntut untuk membantu pegawai dalam hal melayani pembeli dengan manner yang baik, karena selama magang peserta didik dinilai secara objektif terkait hasil pelayanannya oleh pemilik tempat usaha.

Magang ini tidak hanya sekedar penuntasan program, tetapi setelah selesai kegiatan magang peserta didik diharuskan membuat laporan magangnya secara individu kemudian di presentasikan dikelasnya untuk sekedar berbagi pengalaman maupun melatih mengungkapkan pendapat di setiap kelompoknya.

Banyak respon positif yang diutarakan oleh orangtua murid maupun peserta didik itu sendiri dengan adanya program magang ini, seperti salah satu orangtua murid dari kelas 6 Muadz bin Jabal yang mengungkapkan “Saya sangat mengapresiasi sekali Kegiatan magang di SDIT MENTARI ILMU JATISARI ini, karena dengan program ini menambah wawasan kewirausahaan, life skill anak-anak dan membentuk karakter mandiri serta berjiwa entrepreneur sejak dini. Selain itu juga program ini merupakan sarana untuk menerapkan apa yang mereka dapatkan di sekolah khususnya pembelajaran tahsin dan tahfidz Al-Qur’an kepada masyarakat sekitar. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits, khoirukum man ta’allamal Qur’an wa ‘allamahu (sebaik-baik dari kalian adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya)” kata Bunda Azzam, begitupun dari salah satu peserta didik kelas 6 Abu Dzar Alghifary yang mengungkapkan “ magang nya seru, asik pokonya menyenangkan bisa belajar jual beli dengan masyarakat dan membuat kita disiplin” kata chantika.

Dari program ini kita ketahui, bahwa magang diusia dini untuk siswa kelas 6 di tingkat SD aman dan sangat menyenangkan dengan syarat durasi waktu kerja, lama kerja dan pekerjaannya disesuaikan dengan usia agar dapat maksimal dalam proses pembelajarannya.